Kabupaten Karanganyar: Sejarah Panjang Wisata Budaya

Kabupaten Karanganyar sejatinya adalah wilayah penyangga pusat kebudayaan Jawa di tengah Pulau Jawa, yaitu Surakarta. Meski saat ini masih ada upaya untuk melestarikan warisan kebudayaan sebagai aset wisata, namun semakin ke sini semakin bergeser ke arah pragmatis, mengikuti tren global. Wisata artifisial semakin menggerus upaya itu. Dr. Purwadi, M.Hum. mencoba memotret kecenderungan itu tanpa meninggalkan asal-usul sejarahnya.

A. Kabupaten Karanganyar Didirikan oleh Pura Mangkunegaran

Kabupaten Karanganyar berkembang sangat baik atas jasa Pangeran Sambernyawa atau Sri Mangkunegara I. Pada masa pemerintahan Sri Mangkunegara II Karanganyar makin tertata indah. Demikian juga Sri Mangkunegara III selalu bekerja untuk kemajuan warga Karanganyar.

Jasa baik itu perlu dikenang dan dilestarikan sebagai wujud budi pekerti yang luhur. Sejarah ini diteruskan oleh Sri Mangkunegara IV. Putra dalem Sri Mangkunegara IV: B.R.Ay.P.A. Hadiwijoyo I ing Surakarta. Ramadalem putranipun R.M.T.H. Kusumodiningrat.

Mantu dalem Sampeyan dalem Hingkang Sinuhun P.B. III. K.P.A. Gusti IV punika wayah dalem K. Gusti II, sarta Buyutdalem Hingkang Sinuhun P.B. III. Utawi buyutdalem K.P.H. Hadiwijoyo Kartasura, seda ing Kali Abu. Naksederek kaliyan K. Gusti III, sami saking Padmi mijil Sindurejan.

Puncak kejayaan Karanganyar terjadi pada masa pemerintahan KGPAA Mangkunegara IV. Beliau mendirikan pabrik gula Colomadu Karanganyar dan Tasikmadu Karanganyar. Mang-kunegara IV adalah pembesar yang mumpuni, ahli sastra dan ahli ekonomi. Rakyat Karanganyar diajak untuk berlatih bisnis, memutar uang dan mencapai kemakmuran.

Asma timur R.M. Sudiro. Wiyosan dalem: Malem Akat Legi jam 11 dalu. 1 Sapar Jimakir Windu Sancaya 1736. Wonten dalem Hadiwijayan. Supit dalem yuswa 13 warsa. Yuswa 22 tahun dipun pikramakaken putrinipun K.P.A. Suryomataram. Ing dinten Sabtu Paing 20 Rejeb Dal 1759. Asma R.M.Ar. Gondokusumo. Nalika peputra satunggal nyarengi suruddalem K.G.II. Kagentosan wayah K.G.P.A.A. Mangkunegoro III.

Karir birokrasi dan militer di Pura Mangkunegaran tersusun rapi. Semua pejabat dilatih tata praja dan udanegara. R.M. Gondokusumo nate nindakaken padamelan Patih, ngrangkep Kapiten Ajudan. Salajengipun dados Mayor infantri Legiun. Hanyarengi putra angka 14 garwa seda sareng lan kang putra Kawisuda dados K.P.Ar. Gondokusumo. Ing dinten Akat Pon 8 Rejeb Jimakir Windu Hadi 1778 Masei 17 Mei 1850.

Sasedanipun K.G. Mangkunegoro III, K.P.Ar. Gondokusumo hanggentosi keprabon. Asma K.G.P.A.Ar. Prabu Prangwadono. Luit Kol. Nuju dinten Jumuah Wage 14 Jumadilakir Jimawal 1781 Masei 24 Maret 1853, yuswa 43 warsa. Nalika krama dhaup kaliyan putrinipun K.G. III ingkang pambajeng saking Padmi putri Suryomijayan nyarengin dinten Selasa Wage 15 Ruwah Jimawal Windu Kuntara 1781.

Garwadalem yuswa 23 tahun. Lajeng peputra lumintu ngantos 13. Katetepaken dados Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunegoro IV. Kol Comm Nuju dinten Rebo Kliwon 27 Sura Jimakir Windu Kuntara 1786. Kekancingan katitimangsa 16-8-1857. Yuswadalem sampun 48. Mundhut garwa pawing-king putri tilaranipun K.P.Ar. Nataningrat. Peputra kakung setunggal, asma K.P.A. Nataningrat.

Perjuangan Sri Mangkunegara IV perlu dikenang sepanjang masa. Bidang perekonomian yang dirintis telah membuat warga Karanganyar kaya raya. Serat Wedhatama mendidik orang untuk punya sareh sumeleh yang bijaksana. Suruddalem: Jumuah Paing 8 Sawal Jimakir Windu Hadi 1810 Masei 2-9-1881.

Dumugi yuswa 72 warsa. Jumeneng dalem 23 warsa. Sinengkalan: Muksa Nunggal Hesthining Janma. Layon kasarekaken Pasarean Girilayu.

Sri Mangkunegara IV berwasiat anak cucu agar memperhatikan warga Karanganyar. Pesan luhur ini disampaikan di Pesanggrahan Tawangmangu. Putra putri dalem wonten 32: K.P.Ar. Gondokusumo II gantos K.P.H. Hadiwijoyo IV. B.R.Ay. Tondhokusumo. B.R.M. Sungkawa seda timur. B.P.A. Gondosuputro. B.P.A. Gondosewoyo. B.P.A. Gondowijoyo . B.R.Aj. Pareng, seda timur. B.P.A. Gondosisworo. B.R.A. Condronegoro Bupati Brebes. K.P.A. Gondoatmojo Maj Caval. B.R.M. Suroyo, seda timur. B.R.Aj. Sepinah, seda timur. B.P.H. Gondosebroto, sedo. B.R.M. Sutadi, seda timur. Putri seda sareng ingkang ibu. B.R.Ay. Suryoputra. B.R.Aj. Suryohudoyo. B.R.Ay. Harjosugondo garwa Bupati Banyuwangi. B.P.A. Prabu Sudibyo, seda timur. B.R.M. Sunita K.G.P.A.A. Mangkunegara V. Putra kakung mios seda. K.P.Ar. Dayaningrat K.G.P.A.A. M.N. VI. Putra seda timur. K.P.H. Handoyonoto. K.P.A. nDoyokusumo. B.R.Ay. Prabuwijoyo, garwa putradalem Sampeyandalem Hingkang Sinuhun P.B. IX. G.K.R. Paku Buwana X, garwadalem Sampeyandalem Hingkang Minulya saha Wicaksana P.B. X. Putra kakung miyos seda. K.P.A. Doyoseputra, lajeng seda. B.R.Aj. Suprapti, seda timur. K.P.A. Doyokisworo. K.P.A. Nata-ningrat.

Para istri Mangkunegara IV sering melatih ketrampilan batik pada ibu-ibu Karanganyar. Mereka rajin belajar dan giat bekerja. Hidup dalam suasana guyub rukun. Para garwa tuwin ampildalem sadaya: Garwa R.Ay.P.A. Gondokusumo. Garwa K.B.R.Ay.Ad.A. Mangkunegoro IV. Garwa pawingking R.Ay. Nata-ningrum. Ampil M.Aj. Wiknyodiwati. Ampil M.Aj. Sutowati. Ampil M.Aj. Banowati.

Generasi muda perlu belajar biografi Sri Mangkunegara IV agar diperoleh suri tauladan utama. Kebahagiaan, kemuliaan dan keutamaan dapat diperoleh dari sejarah masa silam. Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV lahir pada tanggal 1 Sapar tahun Jimakir 1738 Çaka atau 1811 Masehi. Nama kecilnya adalah Raden Mas Sudiro (Kamajaya, 1992: 2). Pada usia 10 tahun beliau dititipkan pada saudara sepupunya, KGPAA Mangkunegara III. Raden Mas Sudira diberi nama baru yaitu RMA Gandakusuma.

Warga Karanganyar kerap membahas sastra piwulang di daerah Karanganyar, Matesih dan Kebahkramat. Karya tulis KGPAA Mangkunegara IV menurut Kamajaya (1992) di antara-nya: Serat Wedhatama, Sendhon Langen Swara, Babad Wanagiri, Babad Giripura, Babad Tegalganda, Babad Tasikmadu, Babad Ngalamat, Babad Serenan, Werdining Bangsal Tosan, Bendungan Tambak Agung, Bendungan Tirtaswara, Srikaton Tawangmangu, Nyanjata Sangsam, Wanagiri Prangwadanan, Werdining Pandel Mangkunegaran, Pasanggrahan Langenharja, Piwulang Warayag-nya, Piwulang Wirawiyata, Piwulang Sriyatna, Piwulang Nayakawara, Piwulang Paliatma, Piwulang Salokatama, Piwulang Darmawasita, Piwulang Salokantara, Serat Tripama, Serat Yogatama, Serat Paraminta, Serat Paliwara, Serat Pariwara, Rerepen Manuhara, Pralambang Rara Kenya, Pralambang Kenya Cendhala, Jaka Lala, Prayangkara, Prayasmara, Rerepen, Dhalang, Namining Ringgit Semarang, Sendhon Langen Swara, Sekar Ageng Citramengeng, Langen Gita, Sekar Ageng Kumudasmara, Gendhing Walagita, Sekar Ageng Pamularsih, Gendhing Rajaswala, Sekar Ageng Kusumastuti, Sita Mardawa, Sekar Ageng Mintajiwa, Gendhing Puspawarna, Sekar Tengahan Palungon, Gendhing Puspanjala, Sekar Tengahan Pranasmara, Gendhing Tarupala, Sekar Tengahan Pangajabsih, Gendhing Puspa Giwang, Kinanthi Sekar Gadhung, Gendhing Lebdasari, Sekar Sari Gadhing, dan Ladrang Manis Widara Kuning.

Sarasehan seni budaya sering dilakukan oleh warga Jumapolo, Jumantono dan Kemuning. Sastra piwulang dibahas sebagai bahan renungan hidup. Karya Sri IV memberi ketenangan batin. Misalnya serat Wedhatama. Mangkunegara IV mene-rangkan konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Masyarakat Karanganyar gemar melakukan refleksi spiritual. Laku dilakukan pula pada waktu orang menginjak usia tua dalam menghadapi dan mencari sampuraning pati. Contoh yang digemari sekali oleh orang Jawa tentang laku ini adalah usaha dan perjalanan yang dilakukan Harya Bratasena yang dengan mempertaruhkan jiwa raganya dengan patuh menjalankan perintah gurunya Sang Hyang Drona untuk kemudian menemukan dirinya sendiri dalam Lakon Dewaruci. Ngelmu dan laku merupakan sesuatu rangkaian yang mutlak dan hal ini dinyatakan di dalam bait yang terkenal di dalam bentuk tembang Pucung, termuat dalam Serat Wedhatama.

Jasa Mangkunegara IV selalu dikenang oleh orang Karanganyar. Beliau adalah pepundhen utama bagi masyarakat Jawa. Berbakti pada Pura Mangkunegaran buat warga Karanganyar bisa mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan. KGPAA Mangkunegara IV wafat dalam usia 72 tahun, tepatnya tahun 1810 Jawa atau 1880 Masehi, dengan meninggakan 11 putra putri.

Karya karya Mangkunegara IV hingga sekarang masih menyebar dan berakar kuat di lingkungan kebudayaan Jawa. Sastra mistik yang terkenal di lingkungan budaya Jawa adalah Serat Wedhatama karya Mangkunegara IV.

Wilayah Karanganyar selanjutnya dibina oleh Sri Mangkunegara V. Perhatian beliau kepada rakyat patut diacungi jempol. Siang malam tenaga dna pikiran untuk menyejahterakan masyarakat Karanganyar. Sikap seorang pemimpin yang agung dan anggun. Sri Mangkunegara V Punika putradalem K.G.P.A.A. Mangkunegoro IV. Mios saking Garwa Padmi. Asma timur B.R.M. Sunito. Wiosandalem ing dinten: Senen Legi 29 Rejeb Dal 1783 Windu Kuntara utawi 1855 Masei.

Jumenengdalem: Senen Kliwon 11 Sawal Jimakir Windu Adi 1810 utawi 5-7-1881. Yuswa 27. Garwadalem putrinipun K.P.H. Hadiwijoyo III. Mboten peputra, sasedanipun garwa lajeng mboten krama malih.

Perjuangan Sri Mangkunegara V membuahkan hasil. Pabrik gula Colomadu Karanganyar dan Tasikmadu Karanganyar makin maju. Uang kas Pura Mangkunegaran berlimpah ruah. Pembangunan mudah dilakukan. Rakyat mendapat kesempatan berusaha. Jasa ini perlu dikenang oleh warga Karanganyar. Suruddalem: Malem Jumah Legi 24 Rabingulakir. Jimakir 1826 Windu Sengara, utawi 2-10-1896. Yuswa 43 warsa. Dhawah saking kapal. Sumare Astana Girilayu. Jumenengdalem 16 warsa. Para Putradalem: B.R.Ay. Sutowijoyo. K.P.A. Suryokusumo. B.R.Aj. Samekti seda timur. B.R.Ay. Kartoprojo. B.R.Ay. Kusumo-diningrat, garwa G.P.H. Sumodiningrat putradalem Hingkang Sinuhun P.B. IX. B.R.Aj. Sutinah seda. K.P.A. Suryosutanto. K.G.P.A.A. Mangkunegoro VII B.R.M. Suryosuparto. K.P.A. Suryosukanto. K.P.A. Suryosurarso. K.P.A. Suryosugianti. B.R.M. Surar-to, dewasa seda. K.P.A. Subandriyo. B.R.Ay. Daryosugondo. K.P.Ar. Suryosumarno. B.R.Ay. Mloyokusumo, garwa G.P.H. Mloyokusumo putradalem Hingkang Sinuhun P.B. IX. K.P.A. Suryosu-wito. B.R.Ay. Warsodiningrat, garwa Bupati Blitar. K.P.A. Suryosumanto. B.R.Aj. Subastuti, dewasa seda. K.P.A. Suryosurarjo. B.R.Aj. Sugiyanti, seda timur. B.R.M. Sukamto, seda. K.P.A. Subandoro. K.P.A. Suryosumasto.

Biografi Sri Mangkunegara VI perlu dikaji, dipelajari, direnungkan oleh generasi muda. Pada jaman dahulu warga Karanganyar memiliki panutan yang bagus. Mangkunegara VI punya kepribadian yang tegas dan kokoh. Sri Mangkunegara VI putradalem K.G.P.A.A. Mangkunegoro IV. Putra no 4 saking Garwa Padmi. Asma timur B.R.M. Suyitno. Sareng dados Pangeran asma K.P.A. Handayaningrat. Wiosandalem: Jumah Pon 17 Rejeb Wawu 1785 utawi I Maret 1857. Windu Kuntara. Krama angsal R.Aj. Hartati, putrinipun R.M.A. Gondowardoyo. Mboten peputra. Sasurudipun rakadalem K.G.P.A.A. Mangkunegoro V K.P.A. Ndayaningrat hanggentosi ngasto pusaraning rakadalem. Jumenengdalem: Sabtu Legi 15 Jumadilakir Jimakir 1826 Windu Sangara utawi 21 November 1896. Asma Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunegoro VI. Yuswadalem 40 warsa.

Sri Mangkunegara VI menjadi teladan bagi masyarakat Karanganyar. Beliau rela lengser keprabon madeg pandhita. Sri Mangkunegara VI pensiun dini. Yuswa 60 warsa lajeng sereh, dedalem wonten Surabaya. Hanyarengi dinten Selasa Kliwon 5 Mulud Je Windu Kuntara 1846, utawi 11 Januari 1916. Jume-nengipun ngantos 19 warsa. Suruddalem: Malem Akat Pon Sura Alip Windu Adi 1859 utawi 24 Juni 1928. Dumugi yuswa 74 warsa. Kasarekaken Astana Nayu. Peputra kalih: K.P.A. Suyono Handayaningrat, B.R.Ay. Suwasti Hatmosurono. Wayahdalem wonten: 10 + 8 = 18.

Dalam Pura Mangkunegaran tetap menjadi bagian dari warga Karanganyar sampai sekarang. Darma bakti mereka membuahkan peradaban yang luhur. Berbakti kepada Pura Mangkunegaran dapat menjadi sarana untuk mencapai ketenangan hidup.

B. Kabupaten Karanganyar Mewarisi Kebudayaan Adi Luhung
Masyarakat Karanganyar semakin maju dan sejahtera pada masa kepemimpinan Sri Mangkunegara VII. Beliau raja yang terdidik, pernah belajar di Universitas Leiden pada tahun 1910-1914. Sri Mangkunegara VII Putradalem K.G.P.A.A. Mangkunegoro V.

Asma timur B.R.M. Suparto, K.P.H. Suryosuparto. Wiyosandalem: Kemis Wage 4 Sapar Dal Windu Kuntoro 1815 utawi 15 Agustus 1885. Krama angsal G.R.Aj. Mursudariyah, putridalem Hingkang Sinuhun Kanjeng Sultan Hamengku Buwana VII. Peputra G.R.Aj. Sitinurul Kamaril Ngarasati Kusumowardani, G.R.Ay. Suryosuyarso. Nalika yuswa 40 warsa katetepaken asma K.G.P.A.A. Mangkunegoro VII. Ing dinten Kemis Wage 4 Sapar Dal Windu Sangara 1855 utawi 1 September 1924. Garwa Padmi I. Garwa ampeyan 8.

Anak keturunannya diwejang untuk tetap memperhatikan warga Karanganyar. Putra wayah Pura Mangkunegaran pun tetap berdarma bakti buat warga, dari kota sampai puncak Gunung Lawu. Para putra: B.R.Ay. Husen Jayadiningrat, B.R.Aj. Partini. B.R.Ay. Sukanto, B.R.Aj. Partinah. K.G.P.A.A. Mangku-negoro VIII, B.R.M. Saroso. G.R.Ay. Suyarso, G.R.Aj. Sitinurul. K.P.H. Hamijoyo Santoso. B.R.Aj. Partiyah seda timur. K.P.H. Sanjoyo Notosuparto. G.R.Ay. Purwohadinoto, B.R.Aj. Partimah. Suruddalem: Kemis Pon 29 Rejeb Alip 1875 utawi 19 Juli 1944 jam 11 dalu. Di antara pada adipati di Mangkunegaran itu, KGPAA Mangkunegara VII adalah seorang pujangga yang aktif dalam menelurkan karya sastra pewayangan. KGPAA Mangkunegara VII bertahta antara tahun 1916-1944. Warisan kebudayaan adi luhung Mangkunegaran tercermin dalam tembang Pucung.

Ngelmu iku kalakone kanthi laku,
lekase lawan kas,
tegese kas nyantosani,
setya budya pangekese dur angkara.

Angkara gung neng angga anggung gumulung,
gegolonganira,
triloka lekere kongsi,
yen den umbar ambabar dadi rubeda.

Beda lamun kang wus sengsem reh ngasamun,
semune ngaksama,
sasamane bangsa sisip,
sarwa sareh saking mardi martatama.

Uger lugu den ta mrih pralebdeng kalbu,
yen kabul kabuka,
ing drajad kajating urip,
kaya kang wus winahya sekar srinata.

Basa ngelmu mupakate lan panemu,
pasahe lan tapa,
yen satriya tanah Jawi,
kuna kuna kang ginilut tripakara.

Lila lamun kelangan nora gegetun,
trima yen ketaman,
sakserik sameng dumadi,
tri legawa nalangsa srah ing Bathara.

Terjemahan:

Ilmu itu terwujud dengan laku,
dimulai dengan kemauan
kemauan membuat sentosa,
budi setia penghancur nafsu angkara.

Angkara besar di dalam diri selalu berkumpul
dengan kelompok nafsu,
menguasai tiga dunia,
bila dibiarkan berkembang menjadi bahaya.

Lain dengan yang gemar kepada rokhaniah,
nampak selalu mengampuni,
segala kesalahan,
bersikap sabar karena berbudi baik.

Asal benar dalam meningkatkan pikiran,
bila terkabul terbukalah
dalam derajat keinginan hidup,
seperti diutarakan tembang sinom tadi.

Namanya ilmu cocoknya dengan pendapat,
berhasilnya dengan bertapa,
bagi satria Jawa,
dahulu yang menjadi pegangan tiga hal.

Rela apabila kehilangan tidak kecewa,
menerima bila mendapat cobaan
yang menyakitkan hati
ikhlas, menyerahkan kepada Tuhan.

Ajaran Serat Wedhatama di atas menjadi bahan refleksi bagi para pengageng Pura Mangkunegaran dan masyarakat Karanganyar. Sri Mangkunegara VII adalah pujangga ulung. Beliau produktif dalam menciptakan karya sastra yang bertopik tentang lakon pewayangan.

Lakon pewayangan dari pakem balungan untuk daerah Surakarta bersumber dari Serat Pedhalangan Ringgit Purwa karya KGPAA Mangkunegara VII. Pakem Serat Pedhalangan Ringgit Purwa terdiri dari 37 jilid, berisi 177 lakon yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu: Cerita dewa-dewa (7 lakon), Cerita Arjuna Sasrabahu (5 lakon), Cerita Ramayana (18 lakon), Cerita Pandawa Korawa (147 lakon).

Kesenian tumbuh maju dan berkembang sangat mengagumkan. Pada masa pemerintahan Sri Mangkunegara VII ini. Kyai Trunodipo dari Baturetno, Solo, membuat Wayang Menak untuk pergelaran cerita-cerita dari Kitab Serat Menak dengan tokoh tokoh Wong Agung Jayengrana, Umar Maya, Umar Madi, Prabu Nusirwan.

Pakem pedalangan disusun demi wibawa seni pakeliran. Karya KGPAA Mangkunegara VII menjadi acuan para dalang di daerah Surakarta dan pendukungnya. Nama kecilnya yaitu Raden Mas Suryasuparta, putra ketiga KGPAA Mangkunegara V. Beliau lahir pada tanggal 4 Sapar 1815 H atau 12 November 1885. Beliau wafat pada tanggal 19 Juli 1944. Rupanya Mangku-negara VII mewarisi bakat kepujanggan kakeknya yaitu Mangkunegara IV. Pura Mangkunegaran melahirkan seniman besar dan berbakat.

Sebaiknya generasi muda bersedia belajar biografi Sri Mangkunegara VII. Beliau telah mewariskan budaya adi luhung bagi masyarakat kabupaten Karanganyar. Sri Mangkunegara VIII Putradalem K.G.P.A.A. Mangkunegoro VII. Putra kakung pambajeng mios saking ampil R.Ay. Retnaningrum. Asma timur: B.R.M. Saroso. Wiosandalem: 10 Rabingulakir Jumadilakir 1850 utawi 1 Januari 1920.

Wonten Puro Mangkunegaran. Jumeneng Pangeran: Saptu Kliwon 9 Rabingulakir Ehe 1868. Utawi 19 Juni 1937. Asma K.P.Ar. Hamijoyo Saroso. Krama pikantuk R.Aj. Sunituti. Putranipun K.P.A. Suryokusumo. Ing dinten Akad Pon. 8 Sawal Be 1872. Utawi Surya kaping 19 Oktober 1941. Sasuruddalem Ramadalem K.P.A. Hamijoyo Saroso dipun jumenengaken Mangkunegoro, dene parentah Japan dipun tanda tangani Harada Kumatiti. Jumeneng K.G.P.A.A. Mangkunagoro VIII, ing dinten Kemis Pon tanggal 19 wulan Juli 1944.

Keturunan Pura Mangkunegaran sampai sekarang selalu berusaha sekuat tenaga untuk memajukan Kabupaten Karanganyar. Putra putridalem: K.P.A. Prabu Kusumo. B.R.M. Radityo. B.R.Aj. Retno Satutu. Rahadiyan Yamin. B.R.Aj. Retno Rosati Hudiono Kadarisman. K.G.P.A.A. Mangkunegoro, B.R.M. Sujiwo. B.R.M. Susaktyo. B.R.M. Herwasto. B.R.M. Kumiyakto. B.R.Aj. Retno Astrini. Garwadalem G.K. Putri Mangkunegoro VIII.

Ampildalem Raden Sotyowati. Suruddalem: dinten Kemis Pon 9 Suro 1920 utawi 3 September 1987. Pura Mangkunegaran bersama dengan rakyat turut membantu demi kemajuan Karanganyar.

Pengageng Pura Mangkunegaran sekarang yaitu Sri Mangkunegara IX. Beliau tetap menjalin hubungan dengan warga Karanganyar. Sri Mangkunegara IX Asma timur: Gusti Raden Mas Sujiwo Kusumo. Saat ini beliau aktif dalam kegiatan pengembangan kebudayaan. Beliau dinobatkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegara IX pada tahun 1987. Beliau merupakan pepundhen Kabupaten Karanganyar yang tetap kita hormati.

C. Kejayaan Kabupaten Karanganyar berbasis Industri Gula yang dikelola oleh Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran mendirikan dan membina Kabupaten Karanganyar bermodalkan kekayaan yang bersumber dari keuntungan pabrik gula.

Mangkunegara IV betul betul berhasil memakmurkan rakyat Karanganyar secara keseluruhan. Masa kejayaan gula dalam lintasan sejarah telah mendukung eksistensi kebudayaan Jawa.

KGPAA Mangkunegoro IV adalah disebut juga sebagai Raja Gula Indonesia pada masanya. Beliau adalah keturunan Panembahan Senapati, raja Mataram. Pabrik gula yang memproduksi gula kristal, seperti PG Colomadu Karanganyar dan PG Tasikmadu Karanganyar diprakarsai oleh KGPAA Mangkunegoro IV, termasuk PG Candi di Jawa Timur pada 1830-an.

Dalam hal sastra budaya Jawa beliau adalah pengarang Serat Wedhatama dan Tripama yang terkenal itu. Mangkunegoro IV lahir pada tahun 1736, menjadi penguasa Mangkunegaran pada tanggal 17 Mei 1850. Wafat pada tanggal 2 September 1881.

Kemilaunya karier Mangkunegoro IV di bidang pergulaan, yang langka digeluti oleh raja pribumi ini akhirnya berembus sampai penjuru dunia. Saban orang luar, pegawai tinggi atau swasta manakala berkunjung ke Solo minta diperbolehkan untuk melihat pabrik gula Mangkunegaran untuk menghapus rasa penasaran yang melanda dan belajar manajemen perkebunan raja gula dari Jawa itu. Raja yang pintar usaha.

Mangkunegoro IV telah meninggalkan warisan berharga berupa semangat berwirausaha.Bukti sejarah ini telah menghantam dengan sekeras -kerasnya citra merugikan yang diberikan oleh pejabat kolonial bahwa orang pribumi Jawa pemalas dan selalu kalah tanding dengan orang asing dalam usaha.

Titik awal pemerintahan Sri Mangkunegoro IV inilah yang oleh Pringgodigdo disebut menginjak zaman baru, karena pada era Sri Mangkunegoro IV inilah muncul perusahaan -perusahaan Mangkunegaran, yang peninggalannya berdiri dan berjalan, serta dapat disaksikan sampai tahun 1937.

Perusahaan-perusahaan itulah yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap keuangan raja, dan juga keuangan pemerintahan Mangkunegaran, sehingga Mangkunegaran mampu menyejajarkan diri dengan raja raja besar yang ada di Jawa waktu itu.

Kraton Surakarta Hadiningrat juga mewariskan pabrik gula yang besar. Namanya Pabrik Gula Manisharja. Ternyata para pemimpin Jawa itu dulu ulung dalam memutar roda ekonomi. Raja Jawa menyadari arti penting industri yang berbasis pertanian. Bermacam macam jenis gula yang dikenal masyarakat. Gula Tebu adalah gula kristal putih sakarosa yang diperoleh dari tanaman tebu. Terkadang dijual dalam bentuk gula coklat brown sugar di Eropa.

Pada awalnya gula tebu dikenal oleh orang orang Polinesia, kemudian menyebar ke India. Pada tahun 510 Sebelum Masehi, ketika menguasai India, Raja Darius dari Persia menemukan batang rerumputan yang menghasilkan madu tanpa lebah Seperti halnya pada berbagai penemuan manusia lainnya, keberadaan tebu sangat dirahasiakan dan dijaga ketat, sedangkan produk olahannya diekspor dan untuk menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Produksi gula menguntungkan pura. Untuk gula lokal terdapat gula Jawa yang tetap diproduksi sampai sekarang. Gula Jawa adalah istilah gula merah, biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira. Proses ini hendaknya diketahui.

Proses masih panjang. Lebih spesifik masyarakat Banyumas punya pengalaman yang panjang. Bisa jadi sarana pembelajaran ketrampilan.

Nderes jadi pekerjaan pokok. Pembuatan gula Jawa di Banyumas telah berumur ratusan tahun, tapi proses produksinya tidak banyak mengalami perubahan, yakni menggunakan pongkor penadah nira dari bambu. Untuk menjaga nira tidak terkontaminasi bakteri, pongkor lebih dulu diisi cairan laro, terbuat dari larutan kapur tohor dan kulit buah manggis atau tatalan pohon kulit buah nangka. Yang penting berasa manis.

Tebu antebing kalbu. Ada sebagian petani yang menggunakan natrium bisulfit, tetapi ini tidak dianjurkan. Proses pembuatannya, nira hasil sadapan dimasak dengan kayu bakar sekitar tiga jam, hingga membentuk caramel siap dicetak. Ada yang menggunakan potongan bambu untuk mendapatkan ukuran sebagai alat cetak, ada juga yang menggunakan cetakan aluminium untuk memperoleh gula ukuran berat. Supaya terasa mirasa.

Bagi masyarakat pedesaan, tanah pekarangan ditanami jenis karang kitri. Misalnya kelapa untuk menambah penghasilan. Gula kelapa adalah gula yang terbuat dari air buah kelapa cocos nucifera. Cara membuatnya air kelapa dimasak di dalam kuali hingga kental dan dicetak sesuai ukuran. Takaran harus pas.

Gula ini berwarna merah dan dapat menambah energi seseorang, seperti misalnya atlit pelari, balap sepeda dan sebagainya. Secara tradisi masyarakat Jawa sangat menyukai gula jawa sebagai teman minum kopi.

Minuman orang Jawa bermacam -macam jenisnya. Misalnya kunir asem, beras kencur, secang, es degan, es kopyor, sekoteng, dan bajigur. Gula asem adalah minuman ramuan yang terbuat dari gula dicampur buah asem tamarindus Indica. Minuman ini disajikan dalam keadaan panas hangat dan diyakini sebagai minuman kesehatan. Pancen nyata kasiyate jamu Jawa.

Edi mirasa yang nyamleng. Rasanya asam tetapi segar. Gula Barbados adalah gula tebu yang berwarna coklat. Gula Barley bukan termasuk gula, melainkan permen Amerika yang keras dan memiliki citarasa jeruk lemon. Terbuat dari cairan barley dengan penambahan gula. Lantas ingat tembang dhandhanggula.

Dalam masyarakat dikenal pula gula batu. Tentu manfaatnya berbeda dengan jenis gula lainnya. Gula batu disebut juga Rock Sugar adalah gula yang dibuat dari gula pasir, yang dikristalkan, melalui bantuan air yang dipanaskan. Biasanya ditambahkan ke dalam teh, harum dan manis rasanya. Tidak semanis gula granulasi biasa. Gula batu diperoleh dari kristal bening berukuran besar berwarna putih atau kuning kecoklatan. Kristal bening dan putih dibuat dari larutan gula jenuh yang mengalami kristalisasi secara lambat. Gula ini disajikan secara terpisah dari minuman kopi maupun teh. Di warung Hiik memang nikmat.

Orang Jawa senang manid. Untuk membuat gula batu diperlukan alat dan bahan sebagai berikut: panci, gula pasir, benang kapas atau wol penyangga benang, jar tempat yang terbuat dari kaca.Tuangkan air ke dalam panci dan panaskan air hingga mendidih. Kecilkan pemanas, sedikit demi sedikit tambahkan gula, sambil diaduk perlahan lahan. Matikan pemanas. Sambil diaduk, tambahkan lagi gula, sampai terlihat butiran butiran gula yang tidak dapat larut dalam air. Biarkan hingga dingin. Masyarakat karangayar biasa wedangan.

Gula menjadi ikon Kabupaten Karanganyar. Sejak tanggal 18 November 1917 Karanganyar ditetapkan sebagai daerah kabupaten. Adapun bupati yang pernah memimpin Karanganyar yaitu: KRMT Harjo Hasmoro, RMT Sarwoko Mangunkusumo, RMT Darko Sugondo, Sudarmaji, Dr. Hj. Rina Iriani Sri Ratnaningsih, S.Pd., M.Hum, Drs. H. Juliyatmono. Para pemimpin Karanganyar ini telah bekerja maksimal, demi kesejahteraan rakyat.

Kita berharap Kabupaten Karanganyar semakin maju sejahtera, panjang punjung pasir wukir, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem karta raharja. Panjang dawa pocapane, punjung luhur kawibawane. Pasir samudra, wukir gunung. Loh subuh kang sarwa tinandur, murah kang sarwa tinuku. Masyarakat Karanganyar yang tinggal di perkotaan, pedesaan, pegunungan hidup guyub rukun, ayem tentrem aman damai.

Karanganyar merupakan tempat yang cocok untuk menganyam kesenian, kebudayaan dan kebangsaan. Dari Karanganyar dipersembahkan buat kemajuan ibu pertiwi Nusantara yang jaya sejahtera.

Oleh: Dr. Purwadi, M.Hum. Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara (LOKANTARA) Hp: 0978 6440 4347

more recommended stories